Muslimah Teruslah Menuntut Ilmu..

 
 
Muslimah,teruslah menuntut ilmu.. Umar berkata, "Belajarlah sebelum kalian terhormat.'' Para sahabat tidak segan2 belajar saat usia mereka sudah senja.
Jabatan dan kedudukan kadang bisa membuat seseorang enggan untuk belajar. Karena orang yang memiliki kedudukan mulia seringkali dihalangi oleh sifat sombong dan angkuh untuk duduk bersama pelajar. Oleh karena itu, Imam Malik berkata mengenai aib para hakim, "Ketika seorang hakim turun jabatan, dia tidak mau lagi ke tempat dimana ia menimba ilmu." Imam Syafi'i menegaskan, "Jika terlanjur uzur, dia akan kehilangan banyak ilmu." Abu Ubaid menegaskan , "Artinya belajarlah ketika kalian masih kecil, sebelum menjadi seorang terhormat. Sebab, kesombongan akan menghalangi kalian untuk belajar dari oarang yang lebih rendah yang akan menyebabkan kalian tetap bodoh." Oleh karena itu, seorang muslimah hendaknya memanfaatkan waktu kecil di masa kecil dan remajanya untuk menuntut ilmu, sebelum dia menduduki jabatan tinggi yang mungkin akan membuatnya enggan untuk menuntut ilmu dan duduk di hadapan para pengajar wanita.

Salah satu syarat dan etika untuk meraih kesuksesan dalam menuntut ilmu adalah tidak sombong pada ilmu dan guru, dan tidak meremehkan guru. Bersikaplah tunduk dan patuh serta menyimak nasehat guru dengan serius seperti orang sakit yang mendengarkan nasehat dokter dengan sungguh-sungguh . Seorang wanita harus bersikap rendah hati kepada gurunya, mencari pahala serta kemuliaan diri kepada gurunya..
Share on Google Plus

About PutraVhangkep

[ i make myself laugh ^_^ ]
Comment yah..
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar