Apa Hukum Jika Berwudhu di Dekat WC?


6%2BManfaat%2BAir%2BWudhu%2Bsecara%2BPsikis%2B%2528Spiritual%2529

SEBENARNYA di mana tempat yang baik untuk wudhu? Ada yang mengatakan bahwa tidak boleh berwudhu di dekat WC? Tapi, malah kebanyakan orang berwudhu di dalam kamar mandi yang jelas-jelas dekat sekali dengan WC? Jadi sebenarnya apa hukum berwudhu di dekat WC? Untuk mengetahuinya, mari kita bahas di bawah ini. 

Menurut pandangan dan pendapat para ulama, hal yang termasuk dimakruhkan ketika berwudhu salah satunya adalah berwudhu di tempat yang bernajis. Mengapa dimakruhkan? Hal ini disebabkan khawatirnya najis yang ada di tempat itu akan mengenai anggota tubuh orang yang berwudhu, sehingga tujuan utamanya membersihkan diri dari najis tidak terpenuhi.
  


118640_masjid-an-nawier-di-pekojan_663_382
Kalau masalah kamar mandi yang kebanyakan bersatu dengan WC, selama kita masih dapat menjaga diri dari najis tersebut, tentu saja tidak ada larangan untuk berwudhu di tempat ini. Lebih baik lagi jika kita bersihkan terlebih dahulu kamar mandi tersebut dengan menyiramkan air yang bersih di sekitar dinding dan lantainya sehingga tidak ada lagi najis yang tertinggal. Dengan demikian, kita menjadi yakin bahwa tidak ada najis yang akan terciprat ke tubuh kita saat berwudhu.

Hal yang dilarang adalah jika berwudhu di tempat yang penuh najis dan kotor serta kita tidak dapat menjaga diri dari najis tersebut. Contohnya adalah septic tank, di tempat sampah, pembuangan kotoran, dan sebagainya.

Wallahu'alam..
Share on Google Plus

About PutraVhangkep

[ i make myself laugh ^_^ ]
Comment yah..
    Blogger Comment

0 komentar:

Posting Komentar